Wednesday, December 18, 2013

GONG sesuai bunyinya bila dibunyikan dengan cara dipukul berbunyi GONG. gong termasuk alat musik tradisional. alat musik ini biasanya di gantung pada rak atau bingkai dan terbuat dari leburan logam (perunggu dengan tembaga).  

di jawa alat musik Gong ini di gabung dengan alat musik tradisional seperti angklung, kecapi, suling, talempong dan alat musik tradisional lainnya. ketika ada wayang atau kethoprak(bukan makanan) alat musik gong ini selalu ada yang digabung dengan alat musik tradisional lainnya sebagai iringan musik. dan suaranya perpaduan antara beberapa musik tradisional itu pun unik dan menurutku tidak biasa sangat beda dengan musik-musik modern seperti musik rock, metal dan yang lain. 

Gong sangat terkenal di Asia Tenggara yaitu Indonesia khususnya di Jawa dan di Bali dijawa biasanya di pakai sebagai iringan wayang atau kethoprak(bukan makanan) sedangkan di Bali biasanya untuk iringan seni Tari maupun upacara adat. selain di Asia Tenggara Gong juga terkenal di Asia Timur seperti Di China .

ini dia gambar Gong di Indonesia

ALAT MUSIK GONG BERBUNYI GONG

Gong di Indonesia beda dengan Gong- gong di negara lain seperti China 

ALAT MUSIK GONG BERBUNYI GONG
Chinese Gong
Chinese Gong bentuknya pun lebih tipis dan bahannya terlihat mewah dan modern. 

nah itu dia sedikit ulasan tentang Gong 
semoga bermanfaat


0 comments :

Post a Comment