Tuesday, May 13, 2014

Soda api. ya sekilas dari namanya yang terbayang adalah soda dan api. apakah soda yang ada apinya ? yuk mari kita bahas. Soda api menurutku semacam bahan kimia yang cukup berbahaya namun banyak manfaatnya. dalam ilmu kimia soda api yaitu NaOH yang artinya Natrium Hidroksida yang merupakan sejenis logam basa kaustik sehingga ada beberapa orang yang sering menyebut soda api dengan soda kaustik.
HEI JANGAN MAIN MAIN SAMA SODA API !!!
ini bentuk soda api


Soda Api+Air = Panas. 
seperti halnya gamping yang rumus kimianya CaCo3 jika dicampur dengan air maka akan mendidih dan panas. (gamping yang masih aktif alias belum pernah terkena air). soda api juga demikian jika dilarutkan dengan air maka menghasilkan panas. dan hati-hati jangan sampai soda api yang masih panas tersebut mengenai tubuh anda. karena bisa merusak jaringan tubuh. ketika saya sedang melakukan kegiatan membersihkan screen afdruk sablon menggunakan soda api+kaporit+air. tidak sengaja larutan tersebut tertumpah di bagian jari saya. pada mulanya saya tidak tau seberapa bahayanya soda api itu. saat tertumpah di jari saya. rasa perih pun timbul. dan beberapa kulit seperi mengelupas dan merah-merah bahkan sempat keluar darah. jari kaku dan perih. semoga hal ini tidak terulang kepada anda. karena soda api erat hubungannya dengan manusia. karena banyak manfaatnya. beberapa manfaat dari soda api yaitu

HEI JANGAN MAIN MAIN SAMA SODA API !!!
kalau kena soda api bisa kayak gini ni (bukan tangan saya)


Manfaat Soda Api
manfaat soda api sangat banyak sekali beberapa diantaranya adalah sebagai campuran dalam produksi kertas, detergen, sabun, dan tentunya untuk bahan penelitian juga di laboraturium. soda api panas. tapi kenapa sebagai campuran dalam produksi sabun? nah untuk itu saya juga tidak paham. manfaat lainnya yang biasa orang pakai adalah 

Melancarkan saluran pipa yang mampet misalnya toilet, wc yang buntu atau saluran pipa yang mampet, 
caranya dengan menuang soda api kedalam wc yang mamper kemudian guyur dengan air ulangi sampai tidak mampet ya. :D 

sifat soda api ini keras dan bisa melarutkan seperti melarutkan jaringan lemak dll. dan jangan sampai soda api ini mengenai tubuh kita. selain itu bisa digunakan untuk membersihkan lantai dengan noda yang membandel, membersihkan tembok yang berjamur, melarutkan afdruk pada screen yang susah dibersihkan , biasanya sebagai campuran untuk membersihkan mesin motor yang dicampur dengan bahan lain seperti batu ijo dll dan mungkin masih banyak lagi manfaatnya. 

soda api ini biasanya di jual di toko bangunan, atau di toko kimia harganya sekitar 20 ribu untuk 1 kg nya. 

itu dia sekilas tentang soda api. ingat jangan sampai larutan soda api ini terkena tubuh bahaya men. makanya jangan main-main sama soda api ya men.
semoga bermanfaat



0 comments :

Post a Comment