Wednesday, February 19, 2014

Manfaat Madu banyak sekali untuk tubuh. Madu tawon atau madu lebah adalah cairan kental dan manis yang dihasilkan oleh lebah madu yang berasal dari bahan baku nektar bunga melalui proses regurgitasi dan penguapan. kandungan yang terdapat dalam madu lebah banyak sekali terdapat Vitamin, enzim, kalori, air dan masih banyak lagi. Madu lebah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia namun terkadang manusia tidak mengetahui akan manfaat dan kegunaan madu. nah berikut ini beberapa manfaat madu bagi tubuh dan kesehatan :
MANFAAT MADU TAWON UNTUK KESEHATAN TUBUH


Manfaat madu tawon untuk tubuh :

1. obat untuk bibir kering dan pecah pecah
bibir yang kering dan pecah dapat diobati dengan menggunkanan madu yaitu dengan cara mengoleskannya pada bibir. selain untuk obat bibir kering dan pecah-pecah madu yang dioleskan pada bibir dapat membuat bibir menjadi merah lembab dan tidak kering dan sebagai obat untuk gangguan mulut lainnya seperti sariawan, gusi bengkak.

2. Memperlambat penuaan
Menurut Dr. Adji Suranto Sp.A kandungan asam pantotenatnya berkhasiat memperkuat organ tubuh, memperlambat penuaan 

3. Madu menambah energi
Madu sebagai penambah energi sekaligus sebagai sumber energi. Karbohidrat yang terdapat dalam madu memberikan energi bagi tubuh kita. Glukosa yang terdapat dalam madu yang diserap oleh tubuh secara cepat memberikan dorongan energi pada tubuh kita. 

4. menambah sistem kekebalan tubuh
Madu dapat menjadi penguat sistem kekebalan tubuh.Antioksidan dan sifat anti-bakteri dalam madu membantu sistem pencernaan dan membuat tubuh melawan penyakit.

5. Sebagai tonikum bagi jantung
Menurut Dr. F.G. Winarno dari Pusat Pengembangan Teknologi  Pangan Institut Pertanian Bogor dalam bukunya yang berjudul "Madu, Teknologi, Khasiat dan Analisisnya"menyatakan bahwa mineral dan gula yang terdapat dalam madu berfungsi sebagai tonikum bagi jantung. otot-otot jantung bekerja tanpa henti sehingga selalu membutuhkan glukosa untuk mengganti energi yang hilang. 

6. Sebagai penyembuh luka bakar
madu sangat liat sehingga mampu menyerap air yang berada disekitar jaringan kulit yang terbakar.

7. Sebagai Obat jerawat
Dikutip dari Merdeka bahwa mengoleskan madu pada jerawat dan membiarkan selama seetengah jam kemudian dibilas dengan air bersih. ulangi langkah yang sama untuk menyingkirkan jerawat. 

8. Mengatasi Insomnia
Mengkonsumsi madu ternyata bisa melawan insomnia karena madu membuat tubuh menjadi rileks

9. Menurunkan berat badan 
untuk menurunkan berat badan yaitu dengan mengkonsumsi madu sebelum tidur. dan mengganti asupan gula dengan madu

itu dia beberapa manfaat madu dan msih banyak lagi manfat madu yang belum tertulis diatas, sungguh Allah Maha Besar yang menciptakan sesuatu dengan segala manfaat. 
semoga dapat bermanfaat

0 comments :

Post a Comment