Friday, July 12, 2013

Angklung
Alat musik tradisional (Indonesia) apa saja yang sudah kamu ketahui? di jaman sekarang ini banyak generasi muda yang sudah lupa bahkan tidak tahu tentang musik tradisional, bentuk, nama, dan bahkan suaranya. karena anak muda sekarang lebih populer dengan alat-alat musik modern seperti Gitar listrik maupun gitar akustik, drum, gitar bass. dan sejenisnya. jika dicermati alat musik tradisional memiliki bunyi yang unik-unik. lalu apa saja alat musik tradisional itu? macam-macam alat musik tradisional diantaranya adalah. angklung, gong, gendang, bonang, dan masih banyak lagi. namun kali ini saya akan membahas tentang angklung.

Angklung adalah sebuah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. mempunyai bunyi yang unik. cara memainkan alat musik ini dengan cara di digoyangkan atau digetarkan. satu buah angklung mempunyai satu nada. jadi angklung bisa dimainkan oleh banyak orang dengan nada angklung yang berbeda-beda yang disatukan sehingga bisa menjadi sebuah melodi. angklung berasal dari kata "angka" dan "lung" . angka yang artinya nada dan lung yang artinya putus jadi bisa disimpulkan bahwa angklung berarti nada yang terputus. 

Alat musik ini sebenarnya sudah terkenal sejak jaman kuno yaitu di beberapa daerah seperti jawa barat, jawa tengah, jawa timur dan Bali. yang mana pada dulunya angklung ini memiliki fungsi dalam ritual seperti ritual keagamaan. 

ANGKLUNG
Angklung

cara membuatnya juga tidak sembarangan. tidak semua orang bisa membuat angklung. karena pembuatan angklung harus disesuaikan dengan tangga nada. jika tidak tepat dalam pembuatannya maka bisa jadi tidak sesuai dengan nada yang diharapkan.dan pastinya ada teknik-teknik tersendiri dalam pembuatan dan penyesuaian nada angklung.

adapun jenis-jenis angklung diantaranya, angklung Kalekas, angklung Dogdog Lojor, angklung Sarinande dan masih banyak lagi.

Di yogyakarta, suara alat musik angklung ini sudah menjadi makanan sehari-hari para pengunjung di Malioboro. karena di sana ada banyak pengamen yang memakai alat musik angklung ini untuk mempercantik instrument mereka. bahkan menjadi ciri khas pengamen tersebut. beberapa alat musik yang disatukan dan alat musik angklung sebagai pengganti vokal atau bisa juga disebut melody. 

sudah pada nyobain memainkan alat musik inibelum? coba dan kamu bakal mendengar indahnya bunyi yang dihasilkan. pada tanggal 18 November 2010 UNESCO menetapkan angklung ini sebagai karya budaya takbenda dan warisan budaya dunia. dan saat ini alat musik angklung ini sudah mendunia dan terkenal dimana-mana

saran saya sebagai generasi muda kita harus senantiasa melestarikan karya dan budaya indonesia misalnya seperti alat musik tradisional angklung ini.

sekian
semoga bermanfaat



0 comments :

Post a Comment