Tuesday, July 2, 2013

Tugu Jogja, merupakan bangunan atau simbol yang paling dikenal. Tugu ini terletak di tengah perempatan Jalan Jendral Soedirman, Jalan pangeran Mangkubumi, Jalan Diponegoro dan Jalan A.M Sangaji.
bila kamu berlibur ke Jogja kamu bisa melihatnya dengan datang ke perempatan tersebut namun sayang Tugu Jogja sekarang sudah direnovasi di beri pagar disekelilingnya dan kamu sudah tidak bisa lagi foto-foto di Tugu (dengan jarak dekat) sampai nempel. dulunya sebelum di buat pagar disekelilingnya tugu ini sering sekali dipakai untuk foto, buat project kuliah dll. 

bagaimana sejarah Tugu Jogja?
Tugu Jogja berdiri sudah berabad abad yang lalu. yaitu kira-kira setahun setelah didirikannya kraton Jogja. Tugu Jogja merupakan bangunan peninggalan Sultan Hamengku Buwana I. 

lalu apa tujuan didirikannya Tugu Jogja
Pembangunan Tugu ini dilakukan sebagai tanda kemenangan melawan Belanda yang dipimpin oleh Pengeran Mangkubumi yang akhirnya mendapatkan tanah Mataram

Bentuk 
Tugu Jogja sebenarnya sudah mengalami beberapa perubahan dari bentuk semula coba simak berikut ini

Tugu Jogja pertama kali (1756)
ini bentuk Tugu Jogja pertama kali dan disebut dengan Tugu Golong Gilig karena bentuknya yang memang gilig dan puncaknya berbentuk bola dan berrwarna putih. dengan tinggi 25 meter . akibat gempa pada 10  Juni tahun 1867 tugu ini runtuh(rusak sebagian).

Tugu Jogja setelah direnovasi akibat gempa (1889)
akibat gempa tugu yang rusak direnovasi dan dirombak hingga berbeda sekali dengan bentuk aslinya dan tingginya menjadi 15 meter. dengan warna putih. Perombakan ini dilakukan oleh belanda dengan tujuan agar makna semula seperti ketika dibangun hilang. dan mengikis Persatuan dan kesatuan antara raja dan rakyat  Yogyakarta namun tidak berhasil. 

Tugu Jogja Sekarang (2013)
dan seperti inilah kira-kira Tugu Jogja sekarang(2013) dengan warna tetap seperti semula yaitu Putih. yang sudah direnovasi dengan diberi pagar disekelilingnya agar tidak di injak-injak dan dipegang-pegang yang bisa mengakibatkan cat menjadi kotor :D

dan yang belum pernah foto nempel sama tugu sorry sekarang sudah dilarang :D

dan inilah salah satu keistimewaan Jogja, tugu yang berdiri dari dulu hingga sekarang meskipun sudah mengalami banyak renovasi dan perombakan.

semoga tulisan saya tentang tugu jogja dapat bermanfaat




0 comments :

Post a Comment