Tuesday, July 23, 2013

Untuk menjadi Gitaris seperti master gitar Joe Satriani, Steve Vai, Yngwie, slash dll tentunya membutuhkan latihan yang keras dan tekun juga jam terbang yang banyak. Mulai dari chord, Tangga nada, Improvisasi, scale, hingga teknik yang harus dipelajari. namun dalam belajar bermain gitar kerap sekali kita merasakan yang namanya bosan ataupun bermain gitar hanya kalau kita sedang mood, untuk menjadi gitaris yang handal anda harus meningkatkan jam terbang anda dalam bermain gitar dan juga tekun latihan (konstan), namun banyak kendala seperti anda harus kerja, kuliah, sekolah dll dan disisi lain anda ingin sekali memaksimalkan skill anda dalam bermain gitar. untuk itu memanage waktu bermain gitar sangat dibutuhkan, agar jam terbang dalam belajar gitar tidak amburadul dan pekerjaan yang lain juga tetap lancar/tidak terganggu. 

di tengah padatnya jadwal anda, tips dari saya anda bisa belajar bermain gitar minimal 4 jam dalam sehari jika lebih itu akan semakin bagus, master-maser gitar seperti yang namanya saya sebutkan diatas dalam sehari mereka  bisa bermain/belajar gitar sampe berjam-jam bahkan 12 jam sehari. tidak karena mereka sudah mahir lalu mereka tiduran dan belajar gitar tergantung mood, tapi mereka tetap belajar terus dan hasilnya anda bisa lihat sendiri. untuk kita yang jadwalnya padat minimal 4 jam itu saya rasa sudah lumayan. lalu apa saja yang bisa dilakukan selama 4 jam tersebut. saya mempunyai sebuah tips untuk memanage waktu dan juga hal apa saja yang bisa dilakukan untuk belajar gitar. mari simak

1) 1 setengah  jam anda bisa lakukan untuk fingering(penjarian/pemanasan jari) penjarian sangat penting jika anda ingin terjun ke dunia gitaris, fungsinya adalah untuk pemanasan sekaligus, melenturkan jari. anda bisa fingering dengan pola scale minor, mayor, pentatonik dll sekaligus belajar tentang scale dan tangga nada. (jika anda mempunyai waktu yang terbatas anda bisa melakukannya jika pagi hari sehabis tidur, karena pagi hari sehabis tidur adalah waktu yang tepat. selagi jari-jari kita masih kaku) 

2) 1 setengah jam untuk belajar teknik .seperti Tipping, chicken picking, sweeping, dan masih banyak lagi

3) 1 jam untuk ngulik lagu. 

atau anda bisa memperbanyak porsi misalnya fingeringnya lebih banyak atau belajar tekniknya yang lebih banyak. semoga tips dari saya dapat bermanfaat apabila ada kekurangan saya mohon maaf.



0 comments :

Post a Comment